Erick Thohir Akan Merombak Anggota Komisaris Pertamina

Menteri BUMN Erick Thohir melakukan perombakan dalam jajaran dewan komisaris PT Pertamina (Persero). Simon Aloysius Mantiri ditunjuk menjadi Komisaris Utama.

Ketetapan tersebut yakni hasil Rapat Biasa Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Pertamina. RUPST Tahun Buku 2023 itu dikerjakan pada Senin, 10 Juni 2024, hari ini.

“Kementerian BUMN selaku pemegang saham menetapkan untuk melakukan perubahan pada susunan Dewan Komisaris Pertamina,” ujar VP Corporste Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, kepada Senin (10/6/2024).

Dalam rapat tersebut, Erick Thohir menunjuk Simon Aloysius Mantiri spaceman jadi Komisaris Utama Pertamina. Ia sekalian menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang mundur memasuki Pemilu 2024 lalu.

Pemegang saham juga menunjuk Condro Kirono sebagai Komisaris Independen.

“Pemegang Saham telah menunjuk Bapak Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama Pertamina, serta menugaskan Bapak Condro Kirono sebagai Komisaris Independen Pertamina,” ujar Fadjar.

Susunan Dewan Komisaris Pertamina
Adapun susunan Dewan Komisaris:

Komisaris Utama & Independen: Simon Aloysius Mantiri
Komisaris Independen : Condro Kirono
Komisaris : Heru Pambudi
Komisaris : Letjen TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono,S.H., M.H., M.Tr. (Han)
Komisaris Independen : Alexander Lay
Komisaris Independen : Ahmad Fikri Assegaf
Komisaris Independen : Iggi H. Achsien.

Ahok Mundur dari Komisaris Utama Pertamina
Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyuarakan mengundurkan diri dari posisinya sebagai Komut.

“Ya benar (mundur),” kata Ahok saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (2/2/2024).

Surat pengunduran diri Ahok telah ia berikan kepada Sekretaris Dewan Komisaris agar dikirimkan kepada Menteri BUMN dan ditembuskan ke Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan surat pengunduran diri yang diterima, surat pengunduran diri itu bertanggal 2 Februari 2024 dan ditantangani Ahok.

Ahok menyuarakan akan konsentrasi untuk kampanye untuk Ganjar-Mahfud.

“Dengan ini, aku menyuarakan menyokong serta akan ikut mengkampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Mau ini agar tidak ada lagi linglung terkait arah politik aku.Merdeka,” kata Ahok.

Serta Pengorbanan Kampanyekan Ganjar
Sebelumnya, Ahok mengaku mau ikut mengkampanyekan Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Mau itu dikenalkan Ahok usai menghadiri acara Hari Ulang Tahun ke-51 Partai Demokrasi Indonesia (HUT PDIP) di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

kemauannya terlibat dalam kampanye Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ini tidak dapat dikerjakan lantaran ia terganjal aturan. Pasalnya, Ahok masih aktif berprofesi di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina.

“Secara UU enggak dapat, sebab aku masih Komut, dan ibu (Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri) juga tidak tugaskan untuk ikut kampanye. Itu aja sih,” ujar Ahok berdalih tidak pernah kelihatan dalam acara kampanye Pemilu 2024.

Sebagai kabar, Ahok ikut mengghadiri acara HUT PDIP bersama para elite dan kader partai. Acara tersebut juga dihadiri Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak datang.

Logo
Login/Register access is temporary disabled